Alat Navigasi kapal merupakan suatu yang sangat
penting dalam menentukan arah kapal, Pada zaman dahulu kala Untuk menentukan
arah kapal berlayar tidak jauh dari benua atau daratan.
alat komunikasi kapal digunakan untuk
berhubungan antara awak kapal yang beada pada satu kapal, atau dapat di gunakan
untuk komunikasi dengan kapal lain, dan atau berkomunikasi dengan darat.
zaman dulu navigasi kapal atau arah tujuan kapal dilakukan
dengan melihat posisi benda-benda langit seperti matahari dan bintang-bintang
dilangit, nah lho kira-kira gimana ya klo langit langit mendung. pasti jadi
susah menentukan arah tujuan kapal untuk zaman sekarang lebih mudah dengan
alat-alat navigasi kapal modern.
nah sekarang kapal cargo mau membahas tentang alat
navigasi kapal, ini dia alat-alat navigasi kapal :
1. MARINE RADAR Navigasi kapal
alat navigai Kapal laut modern sekarang
dilengkapi dengan alat navigasi kapal berupa marine radar untuk mendeteksi
kapal lain, cuaca/ awan yang dihadapi di depan sehingga bisa menghindar dari
bahaya yang ada di depan kapal.
nah ini dia gambar marine radar kapal
..
ini lagi dia gambar marine radar alat navigasi kapal
RADAR merupakan singkatan dari radio detection
and ranging (ini bahasa menurut bahasa daerah saya).radar merupakan suatu
sistem yang digunakan untuk mendeteksi, mengukur jarak dan membuat map
benda-benda seperti pesawat dan hujan. Istilah radar pertama kali digunakan
pada tahun 1941, menggantikan istilah dari singkatan Inggris RDF (Radio
Directon Finding). Gelombang radio kuat dikirim dan sebuah penerima mendengar
gema yang kembali. Dengan menganalisa sinyal yang dipantulkan, pemantul gema
dapat ditentukan lokasinya dan kadang-kadang ditentukan jenisnya. Walaupun
sinyal yang diterima kecil, tapi radio sinyal dapat dengan mudah dideteksi dan
diperkuat.(alat navigasi kapal)
sebagai pelaut kita dapat mengubah kekuatan Gelombang radio
radar yang diproduksi dan mendeteksi gelombang yang lemah, dan kemudian
diamplifikasi( diperkuat ) beberapa kali. Oleh karena itu radar digunakan untuk
mendeteksi objek jarak jauh yang tidak dapat dideteksi oleh suara atau cahaya.
Penggunaan radar sangat luas, alat ini bisa digunakan di bidang meteorologi,
pengaturan lalu lintas udara, deteksi kecepatan oleh polisi, dan terutama oleh
militer.
Marine radar dengan Automatic Radar Plotting Aid (ARPA)
kemampuan dapat membuat trek menggunakan kontak radar. Sistem ini dapat
menghitung saja tracking, kecepatan dan titik terdekat pendekatan (CPA),
sehingga tahu jika ada bahaya tabrakan dengan kapal lain atau daratan.
alat navigasi kapal ARPA khusus memberikan presentasi dari
situasi navigasi kapal pada saat iitu dan dapat memprediksi
navigasi atu ararah kapal beberapa saat kemudian dengan menggunakan teknologi
komputer.alat navigasi kapal ARPA dapat memperhitungkan risiko
tabrakan kapal, dan memungkinkan operator untuk melihat manuver kapal.berikut
ini adalah fungsi alat navigasi ARPA :
a. dapat menuntukan arah navigasi kapal dengan persentasi
RADAR KAPAL
b. Otomatis akuisisi target akuisisi ditambah manual.
Digital membaca target diakuisisi yang menyediakan course kapal speed atau
kecepatan kapal, range, bearing, closest point of approach (CPA, and time to
CPA (TCPA).
c. Kemampuan untuk menampilkan informasi tabrakan penilaian
langsung pada PPI, dengan menggunakan vektor (benar atau relatif) atau Prediksi
grafis Luas Bahaya (PAD) layar.
d. Kemampuan untuk melakukan manuver kapal, termasuk
perubahan. Tentu saja, perubahan kecepatan, dan tentu saja gabungan / perubahan
kecepatan. Otomatis stabilisasi tanah untuk keperluan navigasi.
e. ARPA proses informasi radar jauh lebih cepat dari radar
konvensional namun masih tunduk pada keterbatasan yang sama.
f. data ARPA seakurat data yang berasal dari input seperti giro
dan log kecepatan kapal
.
2. NAVIGASI SATELIT KAPAL
Satelit alat navigasi kapal adalah satelit
yang menggunakan sinyal radio yang disalurkan ke penerima di permukaan tanah
untuk menentukan lokasi sebuah titik kapal dipermukaan bumi atau di lautan.
Salah satu satelit navigasi yang sangat populer adalah GPS milik Amerika
Serikat selain itu ada juga Glonass milik Rusia. Bila pandangan antara
satelit navigasi kapal dan penerima di tanah tidak ada
gangguan, maka dengan sebuah alat penerima sinyal satelit (penerima GPS), bisa
diperoleh data posisi kapal di suatu tempat dengan ketelitian beberapa meter
dalam waktu nyata. Satelit mata-mata adalah satelit pengamat Bumi atau satelit
komunikasi yang digunakan untuk tujuan militer atau mata-mata.
Salah satu perlengkapan modern untuk navigasi kapal adalah
Global Positioning Satelite/GPS kapal adalah perangkat yang dapat mengetahui
posisi koordinat bumi secara tepat yang dapat secara langsung menerima sinyal
dari satelit. Perangkat GPS kapal modern menggunakan peta sehingga merupakan
perangkat modern dalam navigasi di darat, kapal di laut, sungai dan danau serta
pesawat udara. kapal tanpa alat navigasi gps bagaikan sayur tanpa garam..
ini dia gampar gps untuk alat navigasi kapal
maaf gambar diatas agak buram
3. PETA alat navigasi kapal
alat navigasi kapal yang ketiga adalah peta,
peta merupakan perlengkapan utama dalam pelayaran kapal bentuk dua dimensi
(pada bidang datar) keseluruhan atau sebagian dari permukaan bumi yang diproyeksikan
dengan perbandingan/skala tertentu. atau dengan kata lain representasi dua
dimensi dari suatu ruang tiga dimensi. Ilmu yang mempelajari pembuatan peta
disebut kartografi.
a.Proyeksi peta menurut jenis bidang proyeksi dibedakan :
-Proyeksi bidang datar / Azimuthal / Zenithal
-Proyeksi Kerucut
-Proyeksi Silinder
b. Proyeksi peta menurut kedudukan bidang proyeksi dibedakan
:
-Proyeksi normal
-Proyeksi miring
-Proyeksi transversal
c. Proyeksi peta menurut jenis unsur yang bebas distorsi
dibedakan:
-Proyeksi conform, merupakan jenis proyeksi yang
mempertahankan besarnya sudut
-Proyeksi equidistant, merupakan jenis proyeksi yang
mempertahankan besarnya panjang jarak
-Proyeksi equivalent, merupakan jenis proyeksi yang
mempertahankan besarnya luas suatu daerah pada bidang -lengkung
4. KOMPAS NAVIGASI KAPAL
alat navigasi kapal yang ke-4 adalah kompas,
Kompas adalah alat navigasi kapal untuk menentukan arah kapal
berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan
medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu,
sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi. Arah mata angin yang
ditunjuknya adalah utara, selatan, timur, dan barat. Apabila digunakan
bersama-sama dengan jam dan sekstan, maka kompas akan lebih akurat dalam
menunjukkan arah. Alat ini membantu perkembangan perdagangan maritim dengan
membuat perjalanan jauh lebih aman dan efisien dibandingkan saat manusia masih
berpedoman pada kedudukan bintang untuk menentukan arah navigasi kapal.
keren ya gambar kompas diatas,hehehe...
Penemuan bahwa jarum magnetik selalu mengarah ke utara dan
selatan terjadi di Cina dan diuraikan dalam buku Loven Heng. Di abad
kesembilan, orang Cina telah mengembangkan kompas berupa jarum yang mengambang
dan jarum yang berputar.Pelaut Persia memperoleh kompas dari orang Cina dan
kemudian memperdagangkannya. Tetapi baru pada tahun 1877 orang Inggris, William
Thomson, 1st Baron Kelvin(Lord Kelvin) membuat kompas yang dapat diterima oleh
semua negara. Dengan memperbaiki kesalahan-kesalahan yang timbul dari deviasi
magnetik karena meningkatnya penggunaan besi dalam arsitektur kapal.
Berikut ini adalah arah mata angin yang dapat ditentukan
kompas.
• Utara (disingkat U atau N)
• Barat (disingkat B atau W)
• Timur (disingkat T atau E)
• Selatan (disingkat S)
• Barat laut (antara barat dan utara, disingkat NW)
• Timur laut (antara timur dan utara, disingkat NE)
• Barat daya (antara barat dan selatan, disingkat SW)
• Tenggara (antara timur dan selatan, disingkat SE)
Alat apa pun yang memiliki batang atau jarum magnetis yang
bebas bergerak menunjuk arah utara magnetis dari magnetosfer sebuah planet
sudah bisa dianggap sebagai kompas. Kompas jam adalah kompas yang dilengkapi
dengan jam matahari. Kompas variasi adalah alat khusus berstruktur rapuh yang
digunakan dengan cara mengamati variasi pergerakan jarum. Girokompas digunakan
untuk menentukan utara sejati.
Lokasi magnet di Kutub Utara selalu bergeser dari masa ke
masa. Penelitian terakhir yang dilakukan oleh The Geological Survey of Canada
melaporkan bahwa posisi magnet ini bergerak kira-kira 40 km per tahun ke arah
barat laut.menurut jenisnya kompal sebagai alat navigasi kapal di bagi menjadi
2 yaitu, kompas analog dan digital (silahkan langsung aja deh tanya mbah google).
nah ini di gambar kompas kapal
5. IRS alat navigasi kapal
alat navigasi kapal modern yang kelima adala
IRS(Inertial Reference Sytem). IRS kapal adalah perangkat yang dapat mengetahui
posisi koordinat kapal berdasarkan efek inertial. Tidak seperti GPS kapal
perangkat IRS kapal tidak memerlukan stasiun sehingga sangat cocok untuk digunakan
di bumi maupun di ruang angkasa. Perangkat IRS modern kapal menggunakan peta
sehingga merupakan perangkat modern sebagaialat navigasi kapal di
laut, selain itu IRS juga bisa di gunakan sebagai alat navigasi di darat ,
navigasi pesawat udara serta di ruang angkasa.
gambar perangkat IRS(Inertial Reference Sytem).
lihat gambar diatas membingungkan ya,gimana cara pasangx
ya???
dari penjelasan diatas kapal cargo telah membahas tentang
alat navigasi kapal, giliran selanjutnya alat komunikasi kapal.
6. TELEGRAF alat komunikasi kapal
alat komunikasi kapal telegraf merupakan sebuah
mesin untuk mengirim dan menerima pesan pada jarak jauh kapal .mengunahkan Kode
Morse dengan frekwensi gelobang radio, kode morse adalah metode dalam
pengiriman informasi, dengan menggunakan standard data pengiriman nada atau
suara,cahaya dengan membedakan ketukan dash dan dot dari pesan kalimat,
kata,huruf, angka dan tanda baca. Kode morse dapat dikirimkan melalui
peluit,bendera, cahaya, dan ketukan morse.
eh ternyata gambar telegraf kaya' itu ya bentuknya, jujur
saya juga baru tau.
Pesan pada telegraf dikirimkan oleh operator telegraf
(telegrapher) menggunakan kode morse yang dikenal dengan nama “telegram” atau
“kabelgram”, dan sering disingkat dengan pesan kabel atau kawat. Sebelum
telepon jarak jauh (interlokal) diperkenalkan dan digunakan, telegram ini
sangat terkenal pemakaiannya.
Kata telegraf yang sering didengar saat ini, secara umum
merupakan telegraf elektrik. Telegraf ditemukan oleh seorang warga Amerika
Serikat bernama Samuel F.B. Morse bersama dengan asistennya Alexander Bain.
7. Marine VHF radio (alat komunikasi kapal)
Marine VHF radio merupakan alat komunikasi kapal yang
dipasang untuk memenuhi tujuan komunikasi kapal yaitu memanggil tim penyelamat
dan berkomunikasi dengan pelabuhan, kunci, bridges and marines, dan marine vhf
radio beroperasi di rentang frekuensi VHF, antara 156-174 MHz. Walaupun secara
luas alat komunikasi kapal marine vhf radio digunakan untuk menghindari
tabrakan, satu set marine vhf radio adalah gabungan pemancar dan penerima dan
hanya beroperasi pada standar, frekuensi internasional dikenal sebagai
salurannya.
Channel 16 (156.8 MHz) adalah panggilan internasional.
Marine VHF radio kebanyakan menggunakan "simplex" transmisi, dimana
komunikasi hanya dapat terjadi dalam satu arah pada satu waktu. Sebuah tombol
transmisi pada set atau mikrofon menentukan apakah itu beroperasi sebagai
pemancar atau penerima. Mayoritas saluran, bagaimanapun, adalah sisihkan untuk
transmisi "duplex" saluran di mana komunikasi dapat berlangsung dalam
dua arah secara bersamaan [3]. Setiap saluran dupleks memiliki dua penetapan
frekuensi. Hal ini terutama karena, pada hari-hari sebelum ponsel dan satcomms
menjadi luas, saluran dupleks dapat digunakan untuk menempatkan panggilan pada
sistem telepon umum untuk biaya melalui operator laut. Fasilitas ini masih
tersedia di beberapa daerah, meskipun penggunaannya sebagian besar telah mati.
Di perairan AS, Marine VHF radio juga dapat menerima siaran radio cuaca, di
mana mereka yang tersedia, pada saluran, menerima hanya WX1 wx2, dll.
oke sekian dulu tulisan dari kapal cargo tentang alat
navigasi kapal dan Alat komunikasi kapal
No comments:
Post a Comment